Monday, December 22, 2014

Taken 3 (2015) Seri Terakhir dari Trilogi Taken

 Taken 3
(2014) on IMDb

Poster Taken 3

Informasi Film Taken 3

Genre
Action, Crime, Thriller
Durasi
108 menit
Sutradara
Olivier Megaton
Produser
Luc Besson
Perusahaan produksi
EuropaCorp
Distributor
EuropaCorp Distribution (Prancis)
20th Century Fox (Internasional)
Penulis
Luc Besson
Robert Mark Kamen
Berdasarkan
Novel karya Chris Kyle
Musik
Nathaniel Méchaly
Sinematografi
Eric Kress
Editor
Audrey Simonaud
Nicolas Trembasiewicz
Tanggal rilis
09 Januari 2015 (Indonesia)
Negara
Perancis
Bahasa
Inggris
Anggaran
$ 48,000,000
Box Office
$ 325,507,987
Web resmi


Menarik untuk dinanti bagi para penggemar Taken, karena kini Taken telah mencapai film ketiganya atau ending-nya. Masih dengan tokoh yang sama, Olivier Megaton menghadirkan Liam Neeson, aktor kawakan beranak dua. Di film ini, Neeson menerima pendapatan sebesar US $ 20 juta, atau setara dengan kurang lebih Rp. 250 miliar. Angka yang fantastis bukan? Tentunya itu sebanding dengan keuntungan yang diraih oleh film ini. Wah.

Official Trailer Taken 3



Taken 3 adalah film ber-genre aksi thriller Prancis berbahasa Inggris yang disutradarai oleh Olivier Megaton, ditulis oleh Luc Besson dan Robert Mark Kamen. Film ini adalah sekuel film Taken 2 (2012) dan seri terakhir dalam trilogi Taken. Film ini dibintangi Liam Neeson, Maggie Grace, Famke Janssen dan Forest Whitaker. 

Oliivier Megaton (tengah)

Beda tapi tak jauh beda, itulah kira-kira ungkapan yang pas untuk tema trilogi Taken. Pada Taken 1, tema utama adalah menyelamatkan Kim, anak perempuan satu-satunya Brian. Pada film Taken 2, giiran Brian yang menyelamatkan mantan istrinya dan dirinya sendiri dari aksi penculikan yang bermotif balas dendam. Nah, di seri ini, kita akan melihat kemampuan Brian untuk menghadapi kasus tuduhan pembunuhan yang menimpa dirinya sendiri. Sangat ironis karena korban pembunuhannya adalah Lenore/Leny (mantan istrinya) yang “padahal”, selangkah lagi mereka akan kembali rujuk. So sad.

Dari awal opening hingga closing , Oliver menyuguhkan adegan action seru yang mengandalkan skill dari seorang Brian. Tak heran mengapa film ini menduduki kursi nomor 1 di jajaran Box Office. Well done Oliver. Kami akan menantikan karyamu selanjutnya.

Plot/Alur Cerita

Bryan Mills (tokoh utama) masih diceritakan sebagai seorang "bodyguard" profesional sebuah agensi (CIA). Ia begitu loyal dengan CIA, terbukti dari saat ia ingin pensiun dari CIA, ia terpaksa menerima job baru. Well, kesetiaan ini akan dibayar CIA dengan kesalahpahaman.

Setelah selesai tugas, ia mengunjungi Kim untuk memberikan hadiah ulang tahun lebih awal. Kunjungan tersebut berlangsung canggung. Setelahya Bryan mengetahui bahwa Lenore memiliki masalah dengan Stuart. Karena lelah dengan kehidupan pernikahannya dan kepada suaminya yang “bastard”, Lenore ingin mengurus perceraiannya dengan Stuart dan kembali (rujuk) bersama dengan Byan. Sweet.


Stuart kemudian mengetahui bahwa Lenore kembali dekat dengan Bryan. Ia lalu datang berkunjung ke apartemen Bryan, meminta agar Bryan menjauh dari Lenore. Tentu saja Bryan setuju karena bagaimanapun, Stuart adalah suami sah Lenore. Wah, masalah yang complicated.

Keesokan harinya, saat Bryan pulang dari membeli donat, tibalah trigger yang merupakan akar masalah cerita di film ini. Lenore tergeletak berdarah di atas tempat tidur apartemen Bryan.  Tanpa sepengetahuan Bryan, Lenore terbunuh. Unit LAPD pun datang segera, seseorang telah melakukan panggilan ke 911 dan menjebak Bryan. Na’as bagi Bryan, kasus pembunuhan ini dibuat seolah-olah dialah yang melakukannya.

Bryan & Detektif John
Bryan kemudian melakukan pembelaan atas dirinya. Namun sayang, karena bukti-bukti mengarah pada Bryan, pihak kepolisian tidak mempercayainya. Kesal dengan Polisi, Bryan pun lari, ia ingin membuktikan sendiri bahwa ia tidak bersalah, ia bertekad untuk menemukan akar dari masalah pembunuhan Lenore sekaligus untuk membersihkan namanya. Kisah ini bertambah seru dengan CIA dan FBI yang campur tangan mengejar Bryan.

Bryan mulai melakukan aksinya. Dengan bantuan temannya, ia melacak tempat Leny diculik. Kejadian selanjutnya adalah Bryan berusaha untuk melacak history Lenore. Selagi memburu otak pembunuhan Lenore, Bryan tetap berusaha menghubungi Kim karena ia ingin memastikan kondisi putrinya tersebut aman.


Kim berada di dalam lindungan polisi. Menganggap Kim bisa kapan saja bertemu dengan Bryan, mereka memasang alat pelacak di pakaian Kim. Namun Bryan lebih cerdas, di pemakaman ibunya, Bryan berkomunikasi dengan Kim melalui rekan-nya. Ia juga memandu Kim untuk meminum yogurt yang telah ditandai “Drink Me Now”,yogurt itu telah diberi obat pencuci perut, sehingga saat Kim berada di kelas, ia terpaksa pergi ke toilet karena perutnya yang sakit. 

Bryan & Kim
Setelah sampai di toilet, tak disangka ia bertemu dengan Bryan. Good job Bryan. Bryan lalu memberikan penawar yogurt kepada Kim, mematikan alat pelacak di pakaiannya dan memberitahu bahwa ia ingin mencari otak pembunuhan ibunya, juga menyuruh Kim agar tetap aman.

Di saat itu juga Kim memberitahu Bryan bahwa ia telah hamil. Juga memberikan informasi tentang tingkah aneh Stuart yang menyewa banyak bodyguard untuk melindungi diri.

Curiga dengan Stuart, Bryan memutuskan untuk mengikuti mobil Stuart. Di perjalanan, ia ditabrak oleh mobil SUV dan terjatuh di jurang. Beruntung, Bryan selamat dari kecelakaan itu. Sesampainya di rumah Stuart, ia menginterogasi Stuart. Stuart mengungkapkan ia tidak mengetahui apa-apa dengan mobil SUV itu. Dan juga, ia mengungkapkan otak pembunuhan Lenore adalah Oleg Melankov. Stuart memiliki hutang yang tidak mampu dibayarnya, Oleg Melankov mengancam akan menghabisi ia dan keluarganya, karena itulah Stuart menyebutkan nama Bryan agar Melankov takut. Bukannya takut, Melankov malah membunuh Lenore. (Setidaknya begitu penjelasan Stuart).

Scene selanjutnya adalah Bryan yang melakukan pengejaran terhadap Melankov bersama dengan bantuan rekan-rekannya, Kim, dan Stuart yang gemetar Karen takut. Adegan action seru mewarnai scene ini. Baku tembak brutal antara Bryan dengan para kaki tangan Melankov tak bisa dihindari. Tapi dengan skillnya, Bryan berhasil melumpuhkan puluhan petugas keamanan Melankov.

Ketika tiba di ruangan Melankov, Bryan mendapatkan perlawanan sengit dari Melankov. Perkelahian berlangsung seru dan dimenangkan oleh Bryan. Sebelum mati, Melankov memberitahukan Bryan bahwa dalang pembunuhan Lenore sebearnya adlah Stuart. Stuart berjanji akan melunasi hutang-hutangnya dengan cara membunuh Lenore. Pasalnya, Lenore memiliki asuransi kematian yang angkanya fantastis, sangat cukup untuk membayar hutang-hutangnya. Dia juga berencana agar membuat kasus itu seolah-olah Bryan-lah yang melakukannya. Mereka telah diadu domba. Complicated gan, sarat dengan unsur politik.

Mengetahui hal itu Bryan langsung menuju Kim yang ditinggalkan bersama Stuart.
Bryan terlambat, Stuart telah pergi, ia telah melumpuhkan rekan-rekannya, juga menyandera Kim. Aksi pengejaran menjadi scene action terakhir di film ini. Bryan dengan mengendarai mobil sport berkecepatan tinggi, mengejar Stuart yang hampir kabur dengan menggunakan pesawat terbang. Seru, Bryan berhasil menabrak bagian roda pesawat hingga membuat pesawat terjatuh.

Polisi tiba segera setalahnya dan menangkap Stuart. Bryan pun bersih dari segala tuduhan. The End.

Kelebihan, kekurangan dan pesan yang terkandung

Kelebihan dari film ini adalah alur yang menarik. Penonton dibuat bingung dengan otak pembunuhan Lenore. Dibungkus dengan penokohan yang baik oleh Bryan, Kim dan Stuart, juga tema cerita yang ringan tapi berkelas.

Kekurangan dari film ini adalah scene fight nya kurang greget. The best fight scene dengan genre yang hampir sama adalah trilogi Bourne. Nobody is perfect, begitupun dengan Olivier.

Pesan yang berusaha disampaikan oleh Olivier di film ini diantaranya adalah bahwa keselamatan keluarga adalah nomor 1, seharusnya kita bisa fokus dan tenang dalam menghadapi masalah, betapa berharganya seorang teman, dan hutang adalah sesuatu yang perlu untuk dihindari.


Penokohan

Liam Neeson
sebagai
Bryan Mills
Maggie Grace
sebagai
Kim Mills
Famke Janssen
sebagai
Lenore St. John
Forest Whitaker
sebagai
Franck Dotzler (detektif)
Dougray Scott
sebagai
Stuart St John
Sam Spruell
sebagai
Oleg Malankov


Liam Neeson
Download Taken 3 (2015) 720p HDRip


subtitle bahasa Indonesia http://subscene.com/subtitles/tak3n

Referensi

No comments:

Post a Comment