Monday, April 6, 2015

Insurgent (2014) Seri Kedua dari The Divergent

 Insurgent
(2015) on IMDb
Poster Insurgent




Trailer



Setelah sebelumnya menangani R.I.P.D, Robert Schwentke  kemudian memberikan sentuhannya untuk Seri kedua The Divergent: INSURGENT. Yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa bukan Neil Burger? Bukankah ia yang mensutradarai seri pertama dari The Divergent? Ah, itu bukan menjadi masalah yang berarti ketika pada akhirnya, kualitas film ini layak diacungi jempol. Rating IMDb 7.0 menjadi bukti. Admin pun mengakui. Ya, mengakui bahwa film ini sungguh keren, cool, dan sangat layak untuk dinikmati.

Robert Schwentke
Namun, seperti layaknya film yang diangkat dari kisah fiksi Novel, INSURGENT pun menuai banyak protes karena banyak alur yang diubah, pun begitu, lebih banyak yang memuji bahkan menilai bahwa film ini adalah the best ever movie, termasuk admin, (uups, no ads ya, ga mau kalo ga ada royalty,, lol ^^).

… film ini menceritakan sejenak kejadian saat ending film pertama, yakni ketika Tris, Four, Caleb dan Marcus kabur dari markas Dauntless…

*)INTERMEZZO… Sudah lama Admin menantikan film ini. Trailernya bikin can’t wait any longer bro and sis… Akhirnya kesampaian juga walopun jadwal tayang perdana pas week-end, so harga tiket bioskop pun mahal. Entahlah, pengelola bioskop benar2 memasang harga yang wow. Tapi, rela demi Insurgent. Malah nonton sampe 2 kali.

Tris, Four, Marcus, Caleb dan Peter berlindung dalam wilayah kaum Amity (faksi petani, cinta damai dan selalu bahagia). Mereka diburu oleh Jeanine, pemimpin faksi Erudite, seseorang elit politik garis keras yang “sepertinya” haus kekuasaan dan menghalalkan segala cara untuk memenuhi ambisinya. Ia juga digambarkan sebagai tokoh yang nasionalis. Jeanine berambisi untuk melenyapkan orang-orang yang mempunyai karakter semua faksi, atau bahasa sederhananya,, melenyapkan semua divergent. Jeanine dan atau hampir semua faksi beranggapan bahwa sistem “faksi”-lah yang membawa ketertiban, kenyamanan dan keteraturan dalam kota. Well, akan sangat menarik saat kita mengetahui ending dari film ini.

Sementara Tris bersembunyi, Jeanine memerintahkan pasukannya untuk mencari kotak misterius yang sisi-sisinya berlambangkan semua faksi. Kotak itu diyakini menyimpan pesan dari “founders”/para pembangun kota, untuk kelangsungan masa depan mereka.

Singkat cerita, kotak itu berhasil ditemukan di bekas reruntuhan rumah keluarga Tris. Lho, kok bisa? Di film ini diceritakan bahwa penyerangan Dauntless ke Abnegation (pada film pertama) sebenarnya juga berhubungan dengan kotak ini dan bahwa ibu Tris, telah berusaha menghancurkan kotak misterius itu dan karena gagal, lalu ia menyimpannya di ruang bawah tanah. Setelah kotak itu ditemukan, Jeanine memburu para Divergent untuk membuka kotak misterius itu. Diketahui bahwa hanya seorang divergent 100%-lah yang bisa membuka kotak itu.

Tris terobsesi dengan balas dendamnya kepada Jeanine. Bagaimanapun, Jeanine-lah penyebab kedua orangtuanya terbunuh, pun Jeanine-lah yang membuat ia membunuh temannya sendiri, Will.
Johanna (pemimpin amity) telah memperingatkan Tris agar ia bisa memaafkan orang lain dan yang paling utama adalah memaafkan diri sendiri.

Tris, Four dan Caleb
Tidak butuh waktu lama untuk Eric (kaki tangan Jeanine) menemukan Tris dan Four. Sehari setelah mereka mengungsi di amity, tank-tank Dauntless datang menerobos pagar amity, membuat gaduh dan panik. Tris, Four dan Caleb kabur, sementara Peter malah bergabung dengan Eric. Aksi kejar-kejaran menjadi salah satu adegan yang cool, dimana Four dengan keren melompati rel kereta api di saat kereta api hampir lewat. AMAZING… penonton pun berdecak kagum…
Then what? Tentu saja mereka selamat dari Eric dan komplotan-nya, dengan menaiki kereta. Namun ternyata, kereta yang mereka naiki berisikan tentara kaum non-faksi yang tidak bersahabat.  

Perkelahian tak terelakkan namun berakhir dengan manis, mengapa? karena sesungguhnya, Four adalah pemimpin yang selama ini mereka cari. Nama sebenarnya dari Four adalah Tobias Eaton, putra Evelyn (pemimpin tentara non-faksi).

Evelyn, Ibu dari Four
Singkat serita, Four, Tris dan Caleb berada dalam markas non-faksi, menginap dan berlindung di sana. Evelyn membujuk Four agar melakukan pemberontakan, menurut Evelyn, jika mereka bergabung, mereka akan menang dengan mudah melawan Jeanine.

Four dan Tris kemudian pergi ke Candor, menemui temen-temannya yang loyal. Sementara Caleb kembali ke Abnegation, untuk mencari puing2 yang mungkin masih bermanfaat. Kunjungan ke Candor tidak dilalui dengan mudah. Mereka kemudian ditangkap oleh petugas keamanan Candor karena mereka adalah buronan. Pemimpin Candor ingin membawa mereka ke Erudite, faksi yang dipimpin oleh Jeanine, untuk diadili di sana. Namun, Four berhasil membujuknya untuk melaksanakan pengadilan di Candor.

Four sedang membujuk pemimpin Candor
Four dan Tris harus melalui tes kejujuran, ia dipaksa mengatakan yang sebenarnya terjadi (dengan disuntikkan serum kejujuran di leher kirinya) kepada para saksi. Four dengan mudah dapat menyelesaikan tes, namun tidak begitu kepada Tris. Ia dipaksa mengatakan hal yang ingin ditutupinya, (kenyataan bahwa ia dengan sengaja membunuh Will, kakak dari Christina), dan itu membuat persahabatannya dengan Christina bermasalah.

Setelah tes selesai, Candor berbalik mendukung Tris dan Four.

Pada malam harinya, terjadilah serangan oleh Dauntless ke Candor atas perintah Jeanine. Mereka menembakkan semacam alat pengontrol syaraf jarak jauh kepada seluruh penghuni Gedung Candor. Pemimpin serangan tersebut adalah Eric. Namun dalam penyerangan ini, Eric mati dibunuh oleh Four. Dalam serangan itu juga diketahui bahwa Tris adalah satu2nya yang 100% Divergent. Ia dibutuhkan Jeanine untuk membuka kotak rahasia, karena seorang Divergent biasa, tidak mampu membuka kotak itu.

Four dan Tris menuju markas Evelyn
Tris dan Four kembali ke markas non-faksi, tempat Evelyn berada, untuk mendiskusikan bagaimana mereka melakukan pemberontakan. Namun sialnya, mereka harus terlebih dahulu berjuang menemukan cara yang tepat untuk melepas pemancar yang telah ditembakkan ke dalam kulit mereka.
Jeanine dengan jahatnya membunuh orang-orang di sekeliling Tris (dengan alat pengontrol syaraf) agar mereka menyerahkan Tris. Tidak ingin semakin banyak yang terbunuh, Tris lalu menyerahkan diri kepada Jeanine. (Stupid, baka, bodoh… namun itu bagian dari cerita,, ahh sudahlah..).
Jeanine dan Caleb
Sesuatu yang menjengkelkan terjadi, Caleb, kakak kandung Tris, ternyata telah bergabung kembali dengan Jeanine dan bahkan membantu Jeanine untuk memaksa Tris melakukan simulasi. Wah, kakak yang bodoh, bukannya ia bilang akan kembali ke Abegation?, ckckck.

Jeanine dan Tris yang sedang menjalani simulasi
Jeanine memaksa Tris untuk melalui tahap simulasi faksi, simulasi semua faksi untuk membuka kotak misterius. Singkat cerita Tris kelelahan dalam simulasi itu, Tris diistirahatkan. Setelah istirahat, ia bertemu dengan Four yang (bodohnya juga) telah ditangkap oleh Jeanine. Tes terakhir Tris mati (ga keren banget-lah), dalam simulasi ia terjatuh dari gedung yang sangat tinggi hingga kepalanya membentur tanah.
Four, Peter dan Tris
Mengetahui Tris telah mati, Four sangat terpukul, namun sesaat setelah itu Tris sadar, (horee, Tris ternyata masih hidup… yahaa…). Juga ternyata Peter membantu Four bertarung melawan pengawal Jeanine. Dengan bantuan Peter dan Four, Tris (dengan kemauannya sendiri) menyelesaikan simulasi terakhir. Tris meyakini bahwa ia harus membuka kotak itu, kotak yang pernah ibunya coba untuk menghancurkannya.

Apa yang terjadi? Ya, Tris berhasil dalam simulasi terakhir dan kotak itu pun terbuka, Jeanine pun menyaksikan. Di sinilah klimaks ceritanya bro n sis… Ternyata isi pesan kotak itu bertolak belakang dengan apa yang Jeanine yakini. Isi pesan itu adalah bahwa The Divergent ternyata bukan masalah, Divergent adalah solusi. Solusi bagi semua kaum yang ada. Juga kenyataan bahwa kota Chicago yang mereka tinggali itu ternyata adalah sebuah kota percobaan. Komunitas yang terpetak-petak menjadi 5 faksi juga bagian dari sebuah percobaan. Ternyata ada manusia di luar tembok sana, para Founders, yang telah lama menanti mereka untuk bergabung.
Mengetahui pesan itu bertolak belakang dengan keyakinannya, Jeanine memerintahkan untuk mengubur kotak itu dan merahasiakan pesannya. Namun terlambat, tentara Evelyn dan teman-teman Four telah menerobos masuk, untuk menyelamatkan Four dan Tris.

Pesan itu lalu disebarkan ke seluruh monitor yang ada di kota oleh Four. Jeanine ditangkap, dan dibunuh oleh Evelyn.

Then what??

The End… Bagaimana para pembaca yang budiman, heuheu, kadang di situ saya merasa sedih… lol^^.  
Tris & Four saat menghadiri Launch Insurgent

Tris dengan para penggemarnya
Kekurangan

Beberapa adegan bodoh yang sebenarnya bisa dihilangkan dengan menggantinya dengan kisah lain, 
seperti: mengapa Tris menyerahkan diri? Bukankah akan lebih keren bila ia melawan dan para non-faksi mendukung Tris? Atau saat Caleb yang dengan bodohnya bergabung dengan Jeanine, padahal akan lebih keren jika ia belajar bertarung dan membela adik semata wayangnya? Atau saat Four yang juga tertangkap karena ia mencoba menyelamatkan Tris seorang diri, padahal akan lebih keren jika Four memimpin pasukan Dauntless yang masih loyal plus pasukan non-faksi untuk perang melawan Jeanine? Satu-satunya kekecewaan besar adalah, MANA PERANGNYA????

Kelebihan

Kuatnya karakter Four, Tris, Peter, Eric dan Jeanine membuat film ini menjadi PRIMADONA, super duper keren asli…sumpah… (lebay). Animasi yang disuguhkan saat adegan Action dan beberapa view sangat apik dan menarik. Andai … andai saja teknologi film mereka bisa diterapkan oleh para film maker tanah air,,,,, semoga tidak akan lama lagi INDONESIA bisa seperti mereka ,, aamiin. Alur yang tidak membingungkan membuat jalan ceritanya enak untuk diikuti. 4 jempol dah buat om Robert Schwentke  dan Crew, well done! Bravo! Excellent! Briliant! Halah…

Kesimpulan

The Divergent: Insurgent (insurgent: pemberontak), sungguh sangat layak ditonton..

Addition bro n sis, Just enjoy the movie, ambil yang baik-baik dari film ini, yang tidak baik jangan ditiru, dan JANGAN PERNAH COBA2 LOMPAT DI ATAS REL SAAT KERETA HAMPIR LEWAT, karena ANDA TIDAK MUNGKIN SEPERTI FOUR
Thanks bro n sis, thanks for share (kalo bersedia), n see other review yaks…. ^^

Referensi

http://www.imdb.com/title/tt2908446/
http://en.wikipedia.org/wiki/The_Divergent_Series:_Insurgent
http://www.rottentomatoes.com/m/insurgent/

Trailer resolusi rendah (pilih yang SD)



Ayo berikan ratingmu

No comments:

Post a Comment